Fitur BlackBerry Z10 & BlackBerry Q10

by mantabagung - Rabu, 19 Juni 2013 No Comments
Setelah melalui penantian satu setengah tahun, akhirnya Research In Motion (RIM) mengumumkan versi final dari platform terbarunya, BlackBerry 10.

Dalam acara yang digelar di New York, AS, pada 30 Januari lalu, RIM sekaligus mengumumkan perubahan nama korporat menjadi BlackBerry.

Keputusan menunggalkan brand ini diambil supaya tidak membingungkan konsumen dengan keberadaan dua nama, RIM dan BlackBerry. Selain itu, nama BlackBerry juga ternyata lebih dikenal masyarakat dibandingkan RIM.

Di samping pengumuman platform BlackBerry 10, yang juga ditunggu-tunggu publik adalah pengumuman handset teranyar berbasis BlackBerry 10. Di atas panggung, Thorsten Heins (CEO BlackBerry) akhirnya memamerkan dua handset, yakni BlackBerry Z10 dan Q10.

BlackBerry Z10 hadir dengan prosesor dual-core 1,5GHz Qualcomm MSM8960 Snapdragon, chip grafis Adreno 225, layar full touch 4,2 inci, RAM 2GB, dan media simpan internal 16GB (plus slot microSD). Kamera belakang menggunakan resolusi 8MP dan 2MP di bagian depan

BlackBerry Q10 didukung prosesor dual-core 1,5GHz Cortex-A9, chip grafis PowerVR SGX544, RAM 2GB, media simpan internal 16GB (plus slot microSD), dan layar sentuh 3,1 inci + keyboard QWERTY. Kamera belakang menggunakan resolusi 8MP dan 2MP di bagian depan

Yang lebih dulu meluncur ke pasaran ialah BlackBerry Z10. Inggris menjadi negara pertama yang disambangi mulai 31 Januari 2013, disusul Kanada dan Uni Emirat Arab pada Februari 2013, dan Amerika Serikat pada Maret 2013. Harga yang dipatok bervariasi, bergantung pada paket kontrak yang ditawarkan operator di setiap negara.

Sebagai gambaran, di Inggris, operator O2 menawarkan BlackBerry Z10 secara gratis dengan kontrak £36 per bulan. Vodafone menjualnya seharga £69 (kontrak £37 per bulan). Orange memberi harga £29,99 dan T-Mobile seharga £49,99 (keduanya dengan kontrak £36 per bulan). Jika tanpa kontrak, Carphone Warehouse mematok harga BlackBerry Z10 senilai £479,95 (sekitar Rp7,3 juta).

Feature Baru di BlackBerry 10

Sejak pertama kali diumumkan dalam BlackBerry DevCon pada Oktober 2011 (saat masih bernama BBX), sejumlah feature andalan BlackBerry 10 telah dipamerkan kepada publik. Sistem operasi ini dilandaskan pada micro-kernel QNX yang pernah pula dipakai di tablet Playbook.

Secara keseluruhan, deretan feature mutakhir BlackBerry 10 terlihat betul-betul memanfaatkan antarmuka Cascade yang memaksimalkan layar sentuh. Pengoperasiannya cukup dengan menyentuh dan menggeser layar sehingga handset BlackBerry 10 pun tak menyertakan tombol fisik.

Inilah sejumlah feature utama BlackBerry 10 yang dipresentasikan oleh Vivek Bhardwaj (Head of Software Portfolio, BlackBerry) di panggung.

BlackBerry Flow/Peek

BlackBerry Flow dan Peek merupakan bagian utama dari antarmuka BlackBerry 10. Pengguna dapat dengan mudah menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain, tanpa perlu tombol fisik. Saat sedang memutar video, misalnya, pengguna bisa “mengintip” e-mail yang masuk, cukup dengan menggeser layar ke kanan. True multitasking.

Video demo: http://youtu.be/-LDay0QmFgM

BlackBerry Hub

Cukup satu aplikasi untuk berkomunikasi dengan dunia luar. Daftar kontak BBM, e-mail, Facebook, Twitter, dan LinkedIn dapat ditemukan di BlackBerry Hub. Profil kontak pun terintegrasi sehingga memuat semua update terbaru di media sosial.

Video demo: http://youtu.be/wtYIDxp-JyY

BBM Voice/Video Chat

BlackBerry Messenger (BBM) adalah salah satu faktor utama yang memikat sebagian besar pengguna BlackBerry, khususnya di Indonesia. Pada BlackBerry 10, pengalaman chatting lewat BBM semakin kaya berkat kemampuan panggilan suara dan video (melalui koneksi WiFi). Tersedia pula feature Screen Share yang memungkinkan pengguna berbagi tampilan layar di handset-nya kepada orang yang sedang ia hubungi.

Video demo: http://youtu.be/YnDe4q3tBPw

BlackBerry Keyboard

Pada handset dengan layar full touch, BlackBerry menyediakan keyboard virtual yang mudah digunakan. Fasilitas unggulannya yaitu kemampuan rekomendasi kata berikutnya yang kira-kira akan diketik. Untuk memilih suatu kata, cukup geser kata itu ke atas. Keyboard ini juga mendukung banyak bahasa selain bahasa Inggris.

Video demo: http://youtu.be/-OJawrZBekU

Time-Shift Camera

Pernah berpose di kamera, tapi hasilnya tidak memuaskan karena mata Anda terpejam? Kamera BlackBerry 10 punya feature Time-Shift yang bisa mengatasi masalah itu. Pengguna dapat memilih pose terbaik dalam rentang sepersekian detik sebelum dan setelah foto diambil. Jika foto memuat banyak orang, perubahan pun bisa dilakukan untuk setiap wajah yang dikenali di foto.

Video demo: http://youtu.be/u9TSHk3Oed0

BlackBerry Remember

BlackBerry Remember menjadi pusat penyimpanan file, tugas, dan catatan penting. Pengguna dapat menandai pesan-pesan penting, tanggal deadline, dan menambahkan voice note. Asyiknya, aplikasi ini bisa terintegrasi dengan BlackBerry Hub dan juga akun Evernote.

Video demo: http://youtu.be/ZTALA85lRtw

BlackBerry Balance

BlackBerry Balance dapat memisahkan aplikasi dan setelan handset yang dipasang untuk kepentingan pribadi dan pekerjaan. Untuk berpindah mode, cukup memilih di antara menu Personal atau Work. Hal ini sangat bermanfaat di era BYOD. Pengguna bisa bebas memodifikasi handset-nya pada mode Personal, sementara admin TI lebih mudah mengontrol handset pada mode Work.

Video demo: http://youtu.be/lLvJG31ZK-8

BlackBerry Picture Editor & Story Maker

Rasanya inilah kali pertama BlackBerry menyematkan feature kreatif pada handset-nya. Picture Editor berfungsi untuk mengedit foto secara sederhana (crop, enhance, dan membubuhkan filter efek). Sementara itu, Story Maker berguna untuk menggabungkan foto, musik, dan teks menjadi sebuah video tematis.

Video demo Picture Editor: http://youtu.be/F0UimhPIVSI

Video demo Story Maker: http://youtu.be/2bjhDMzlVRw

Fitur BlackBerry Z10 & BlackBerry Q10

Bendito

You're reading an article about Fitur BlackBerry Z10 & BlackBerry Q10. You are allowed to copy and paste or dissemination of this article, but do not forget to put the link below as the source.

No Comment to " Fitur BlackBerry Z10 & BlackBerry Q10 "