HTC Windows Phone 8X - Review

by mantabagung - Kamis, 20 Juni 2013 No Comments

Inilah andalan HTC untuk menjawab tantangan produsen lain di platform Windows Phone.
Semenjak Windows Phone 8 diluncurkan, persaingan antar-smartphone (terutama OSnya) seolah memasuki babak baru. Seiring dengan itu, perangkat yang mendukung Windows 8 pun mulai banyak bermunculan. Salah satunya yakni Windows Phone 8X milik HTC. Sebagai produk level tertinggi untuk di pasar WP8, HTC 8X memilih “takdir” berbeda terutama dalam hal desain. 

Jika sekarang smartphone kelas atas identik dengan layar berukuran besar, HTC 8X memilih untuk menggunakan layar berukuran 4,3 inci. Namun demikian, resolusinya tetap HD (720x1280) dan menggunakan panel andalan mereka yaitu S-LCD2. Yang disayangkan adalah, bezel dan area sekitar cukup lebar sehingga ukurannya tidak lebih kecil dari produk 4,7 inci lain (misalnya HTC One X). 

Bodi HTC 8X menganut desain yang mirip dengan One X yaitu unibody berbahan polycarbonate dengan lapisan karet. Tujuannya mencegah smartphone ini meluncur bebas saat digenggam. Sementara itu, bagian muka sepenuhnya dilindungi oleh Gorilla Glass 2. HTC 8X ditawarkan dalam tiga warna yang berbeda. Hal ini cukup menarik mengingat selama ini HTC hanya menawarkan satu atau dua jenis pilihan untuk smartphone-nya.

Dari sisi hardware, HTC 8X dibekali komponen mumpuni untuk menangani semua akti vitas smartphone ini. Di dalamnya terdapat SoC berinti ganda Krait dari Qualcomm berkecepatan 1,5 GHz lengkap dengan GPU Adreno 225 dan RAM sebesar 1 GB. Kinerja dari komponen-komponen ini terbilang sangat baik. Windows Phone yang terkenal cukup ramah spesifikasi, mampu berjalan mulus dengan spesifikasi rendah sekalipun.  
Daru sisi tampilan, WP8 terlihat hampir sama dengan WP7 walaupun sekarang Anda bisa menentukan ukuran tiles pada Start Screen. Selain itu, menu dan pengunaannya masih sama dengan versi sebelumnya. Ini membuat Anda yang pernah menggunakan WP tidak perlu lagi menyesuaikan diri. Perubahan besar dilakukan pada inti sistem operasi itu sendiri seperti dukungan untuk hardware terbaru, dukungan mass-storage, serta API grafis DirectX. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

HTC Windows Phone 8X meramaikan pasar smartphone yang dipenuhi pemain-pemain lama dan baru. Penggunaan sistem operasi Windows Phone 8 di produk ini diharapkan memberi alternatif  bagi para pengguna di tengah berbagai perangkat berbasis sistem operasi Android.

Hasil Pengujian
Tidak banyak aplikasi benchmarking yang tersedia untuk perangkat Windows Phone. Untuk itu, kami pun menguji perangkat ini menggunakan aplikasi benchmark berbasiskan browser. Hasilnya meski cross-platform, kinerja HTC 8X yang dibekali chipset Krait cukup menjanjikan khususnya untuk browser Mobile Internet Explorer.

Pengujian
HTC Windows Phone 8X
LG Nexus 4
Antutu Benchmark for WP
11991
-
SunSpider Javascript
905,2 ms
1814 ms

Kamera
Meski menggunakan OS yang berbeda, HTC tetap membekali smartphone ini dengan kamera mumpuni. Hasilnya? Foto yang dihasilkan terlihat memuaskan





 Micro-SIM
Karena desain unibody-nya, WP 8X ini menggunakan micro-SIM yang bisa diakses melalui slot tersendiri.







Spesifikasi

Prosesor
Qualcomm MSM8960 ‘Krait’ 1,5 Ghz Dual Core
RAM
1 GB
Kartu grafis
Adreno 225
Penyimpanan internal
16 GB (14,56 GB tersedia)
Dukungan sambungan nirkabel
HSPA+, 802.11a/b/g/n WLAN, Bluetooth 3.1, NFC
Kamera
Belakang : 8 MP, Depan : 2,1 MP
Lain – Lain
Beats Audio, Gorilla Glass 2, micro-SIM
Layar
S-LCD2 4.3” 720 x 1280 piksel
Bobot
130 gram
Sistem operasi
Windows Phone 8
Garansi
1 tahun
Situs web
http://www.htc.com
Harga (kisaran)*
Rp5.799.000
* Erafone, (021)-6514355; Minggu pertama Februari 2013

Plus     : Layar dan kamera bagus, ada tombol shutter kamera
Minus : Micro-sim, tanpa slot micro-SD

Skor Penilaian
-
Kinerja             : 4
- Fasilitas           : 4
- Kemudahan     : 3,75
- Harga               : 3
- Skor total          : 3,68

HTC Windows Phone 8X - Review

Bendito

You're reading an article about HTC Windows Phone 8X - Review. You are allowed to copy and paste or dissemination of this article, but do not forget to put the link below as the source.

No Comment to " HTC Windows Phone 8X - Review "