IBM Dirikan Center of Excellence di Universitas Brawijaya

by mantabagung - Sabtu, 05 Januari 2013 No Comments
Menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi tanah air tampaknya makin sering dilakukan perusahaan TI dalam rangka mendekati dunia pendidikan.

Setelah Microsoft dan RIM yang mendirikan pusat riset antara lain di UI dan ITB, kali ini giliran IBM yang bermitra dengan Universitas Brawijaya (UB). Mereka membuka IBM Centre of Excellence (CoE) di kampus yang berlokasi di Malang tersebut.

Dengan adanya CoE ini, IBM akan memberikan sertifikasi DB2 kepada mahasiswa UB, selain berbagai lokakarya dan pelatihan. Mata kuliah IBM DB2 Software juga sudah dimasukkan ke dalam kurikulum universitas ini, termasuk Basis Data, Advanced Basis Data, Administration Basis Data, dan Data Warehouse. Para mahasiswa juga akan menerima buku-buku dan DVD tentang IBM DB2, dan berbagai material teknologi terkemuka dari IBM, sebagai bagian dari program tersebut.

DB2 adalah komponen penting dari portofolio peranti lunak Manajemen Informasi IBM, termasuk penggudangan data, business intelligence, pengelolaan konten dan catatan, pengintegrasian informasi, dan pengelolaan data master. Faktor pembeda dalam DB2 adalah sifatnya yang simpel, efisien, andal, dan dapat menghemat biaya.

“Program Academic Initiative IBM selaras dengan visi Universitas Brawijaya, menjadi perguruan tinggi bertaraf internasional. Kerja sama ini akan membantu mahasiwa kami untuk mempelajari kecakapan bisnis dan TI secara mendalam dari vendor TI terkemuka. Inilah yang akan membuat mahasiswa-mahasiswi kami berbeda,” tutur Yogi Sugito (Rektor Universitas Brawijaya).

Proyek Academic Initiative IBM adalah bagian dari komitmen yang berkesinambungan untuk menciptakan dan memanfaatkan peluang bagi mahasiswa-mahasiswi di luar ibu kota, seperti di Jawa Timur, agar dapat mengasah dan mengembangkan kecakapan TI dan pemecahan masalah mereka dengan menggunakan teknologi IBM, selain memenuhi kebutuhan tenaga kerja di beragam industri.

“Kerja sama antara IBM dan Universitas Brawijaya akan membantu membangun himpunan tenaga kerja potensial untuk pelanggan-pelanggan, mitra-mitra bisnis, dan dunia usaha di berbagai industri di daerah ini,” kata Nina K. Wirahadikusumah (Country Manager, IBM Software Group, IBM Indonesia).

Tags:

IBM Dirikan Center of Excellence di Universitas Brawijaya

Bendito

You're reading an article about IBM Dirikan Center of Excellence di Universitas Brawijaya. You are allowed to copy and paste or dissemination of this article, but do not forget to put the link below as the source.

No Comment to " IBM Dirikan Center of Excellence di Universitas Brawijaya "