Asus X401U Review

by mantabagung - Sabtu, 05 Januari 2013 No Comments
Seri ini melanjutkan generasi prosesor baru dengan melipatgandakan kekuatan tanpa meningkatkan biaya produksi.

Statistik menunjukkan bahwa tren notebook tetap tinggi meskipun tergerus oleh PC tablet. Di antara dua kubu ini, ternyata segmen komputer kecil, termasuk netbook, mendapat tempat khusus di khalayak karena sangat terjangkau.

Hampir semua produsen tetap menggarap pasar laptop mungil ini mengingat peminatnya yang tetap ada. Tidak mengherankan bila pemasok prosesor seperti AMD juga terus memperbarui modelnya dengan produk bertenaga lebih besar.

Di tahun lalu jajaran laptop AMD dengan CPU C-50 mampu menunjukkan diri sebagai produk komputasi mobile yang amat irit daya. C-60 yang masih merupakan satu platform (Brazos) dengan C-50 juga menjanjikan kemampuan lebih. Ini karena clock standar 1 GHz dalam intinya bisa mencapai mode turbo sampai mencapai kecepatan 1,33 GHz.

Chip grafis Radeon HD6290 yang dibawanya pun memang memiliki clock setara dengan C-50 (276 MHz). Namun chip ini bisa dipacu sampai ke clock 400 MHz lewat mode turbo. Sedikit peningkatan seperti ini memang tak terlalu signifikan. Namun setidaknya update tersebut sudah cukup berarti bila harganya tetap murah.

Satu produk Brazos C-60 ini hadir lewat Asus Slimbook X401U-WX011D. Produk ini sebenarnya tidak bisa disebut laptop mungil. Ini karena layar 14” terbilang cukup besar. Desain cover glossy dalam pilihan warna hitam dan  putih ini tampak menarik namun juga menyimpan jejak jari. Walaupun sistem berbasis Brazos rata-rata cukup dingin, Asus tetap menghadirkan teknologi IceCool. Ini merupakan solusi pembuangan panas dengan jalur pembuangan yang menjauhi palmrest sehingga tangan pemakai di atasnya akan tetap sejuk.

Meskipun disiapkan sebagai laptop untuk komputasi ringan, X401U tetap asyik untuk dipakai menjalankan aktivitas multimedia. Karena itu, tersedia teknologi audio khas SonicMaster Lite yang dikombinasikan dengan speaker dari Altec Lansing. Tentu saja kekuatan audiolah yang ditingkatkan, bukan kualitas nadanya.

Cukup menyenangkan memakai X401U dengan fasilitas yang cukup dan cukup ringan dibawa ke mana saja. Produk ini tampak mengunggulkan GPU Radeon HD6290 untuk menjalankan game atau aplikasi video. AMD memang menekankan faktor visual yang sering diperlukan pengguna. Hal ini seolah tampak mengaburkan kinerja CPU kelas Brazos yang sejak dulu disebut “sekadarnya”saja.

****

Laptop Asus X401U berbasis AMD C-60 ini kurang bertenaga untuk menjalankan aktivitas yang kompleks meskipun sudah dilengkapi dengan prosesor 2 inti. Namun untuk penggunaan biasa seperti mengolah dokumen perkantoran, mengakses I nternet, sampai menjalankan game ringan, produk ini sudah cukup memadai. Ini masih ditambah dengan harga yang tidak akan membuat kantong Anda kempes

Asus X401U Review

Bendito

You're reading an article about Asus X401U Review. You are allowed to copy and paste or dissemination of this article, but do not forget to put the link below as the source.

No Comment to " Asus X401U Review "